Rancangan tindakan aksi nyata

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

JUDUL MODUL   : Nilai dan Peran Guru Penggerak /Aksi Nyata

NAMA PESERTA : PGP-KAB KARANGASEM-Ni Luh Putu Sumiartini,S.Pd.AUD-Aksi Nyata

 

Latar Belakang

Guru Memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan dan pengajaran. Peran Guru ini dinilai sangat penting dikarenakan siswa menerima teladan dan ilmu pengetahuan dari sosok seseorang Guru yang diharapkannya dapat menjadi teladan  dan contoh hidupnya kelak. Selain itu pengaruh lingkungan keluarga juga menjadi salah satu media atau tempatpertama dan utama dalam menimba ilmu bagi seorang anak , untuk itu dilingkungan pembelajaran perlu untuk menerapkan  Nilai nilai Guru Penggerak agar mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, menghargai setiap perbedaan, dan keragaman, terpusat kepada siswa, Penerapan pendidikan karakter,  serta mewujudkan Merdeka Belajar. Dari hal yang demikian maka tujuan pembelajaran akan tercapi secara maksimal.  Rancangan kali ini  diharapkan mampu menumbuhkan semangat pengembangan Kompetensi dari seorang Guru Utamanya dalam menerapkan nilai nilai Guru Penggerak seperti Kemandirian,Inovatif, Reflektif,Kolaboratif, dan berpusat pada anak didalam proses pembelajaran disekolah, yang nantinya akan dapat memberi pengaruh positif kepada siswa kelak

 

 

Linimasa Tindakan yang akan dilakukan

      Melaksanakan pembelajaran daring melalui vicon

      Guru Mengajak anak denan share screen untuk menontun video pembelajaran yang dibuat oleh Guru tentang proses pembuatan kecambah (kacang ijo menjadi kecambah)

      Mengajak anak untuk menyimak video

      Guru hanya memfasilitasi dan anaklah yang mengamati atau menyimak proses tersebut dan menceritakan tentang video proses pembuatan kecambah dengan bahasanya sendiri

5.     Setelah selesai menonton video pembelajaran, guru bertanya kembali tentang proses pembutan kecambah, mulai dari proses awal dan sampai proses terakhir

      Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang kecambah, selain bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan, kecambah juga bisa kita jual

     Guru memberikan umpan balik, kepada siswa

 

 

 

 

                                                        

Tujuan

Meciptakan pembelajaran yang menarik menyenangkan dan berpusat pada anak melalui penerapan nilai nilai Guru penggerak yang diintegrasikan kedalam pembelajaran,shingga mampu mentranspormasikan nilai nilai tersebut kedalam kehidupan, dan dapat memberi mafaat serta teladan bagi siswa

 

Dukungan yang dibutuhkan

 

1.     Kepala sekolah mendukung kegiatan yang dilakukan Guru

2.     Kolaborasi anatar guru yang satu dengan yang lain

3.     Orang tua siswa

4.     Infrastruktur jaringan

 

Tolok Ukur

   1. Siwa rajin melaporkan hasil belajarnya dan hasil karyanya dengan melibatkan Orang Tua dalam proses pelaporan kegiatan terkait pembelajaran tentang sains yaitu proses pembuatan kecambah

  2.Siswa memliki  sikap Disiplin dengan hadir tepat waktu saat vicon pembelajaran daring

 3. Keaktipan siswa dalam dalam menyelesaikan tugas yang diberikan

 4. Tampak kegiatan Pembelajaran merdeka belajar pada proses pembelajaran, dimana siswa diberikan kebebasan dalam mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki

 

 


                                             


Komentar