Rancangan tindakan aksi nyata
RANCANGAN TINDAKAN AKSI
NYATA JUDUL
MODUL : Nilai dan Peran Guru
Penggerak /Aksi Nyata NAMA
PESERTA : PGP-KAB KARANGASEM-Ni Luh Putu Sumiartini,S.Pd.AUD-Aksi Nyata |
|
Latar Belakang Guru
Memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan dan pengajaran. Peran
Guru ini dinilai sangat penting dikarenakan siswa menerima teladan dan ilmu
pengetahuan dari sosok seseorang Guru yang diharapkannya dapat menjadi
teladan dan contoh hidupnya kelak.
Selain itu pengaruh lingkungan keluarga juga menjadi salah satu media atau
tempatpertama dan utama dalam menimba ilmu bagi seorang anak , untuk itu
dilingkungan pembelajaran perlu untuk menerapkan Nilai nilai Guru Penggerak agar mampu
menciptakan pembelajaran yang menarik, menghargai setiap perbedaan, dan
keragaman, terpusat kepada siswa, Penerapan pendidikan karakter, serta mewujudkan Merdeka Belajar. Dari hal
yang demikian maka tujuan pembelajaran akan tercapi secara maksimal. Rancangan kali ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat
pengembangan Kompetensi dari seorang Guru Utamanya dalam menerapkan nilai
nilai Guru Penggerak seperti Kemandirian,Inovatif, Reflektif,Kolaboratif, dan
berpusat pada anak didalam proses pembelajaran disekolah, yang nantinya akan
dapat memberi pengaruh positif kepada siswa kelak
|
Linimasa Tindakan yang akan dilakukan Melaksanakan
pembelajaran daring melalui vicon Guru
Mengajak anak denan share screen untuk menontun video pembelajaran yang
dibuat oleh Guru tentang proses pembuatan kecambah (kacang ijo menjadi
kecambah) Mengajak
anak untuk menyimak video Guru
hanya memfasilitasi dan anaklah yang mengamati atau menyimak proses tersebut
dan menceritakan tentang video proses pembuatan kecambah dengan bahasanya
sendiri 5.
Setelah
selesai menonton video pembelajaran, guru bertanya kembali tentang proses
pembutan kecambah, mulai dari proses awal dan sampai proses terakhir Guru
juga mengajak anak berdiskusi tentang kecambah, selain bisa dimanfaatkan
untuk bahan makanan, kecambah juga bisa kita jual Guru
memberikan umpan balik, kepada siswa |
Tujuan Meciptakan
pembelajaran yang menarik menyenangkan dan berpusat pada anak melalui
penerapan nilai nilai Guru penggerak yang diintegrasikan kedalam
pembelajaran,shingga mampu mentranspormasikan nilai nilai tersebut kedalam
kehidupan, dan dapat memberi mafaat serta teladan bagi siswa |
Dukungan yang dibutuhkan
1.
Kepala
sekolah mendukung kegiatan yang dilakukan Guru 2.
Kolaborasi
anatar guru yang satu dengan yang lain 3.
Orang
tua siswa 4.
Infrastruktur
jaringan
|
Tolok Ukur 1. Siwa
rajin melaporkan hasil belajarnya dan hasil karyanya dengan melibatkan Orang
Tua dalam proses pelaporan kegiatan terkait pembelajaran tentang sains yaitu
proses pembuatan kecambah 2.Siswa
memliki sikap Disiplin dengan hadir
tepat waktu saat vicon pembelajaran daring 3. Keaktipan
siswa dalam dalam menyelesaikan tugas yang diberikan 4. Tampak
kegiatan Pembelajaran merdeka belajar pada proses pembelajaran, dimana siswa
diberikan kebebasan dalam mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki
|
Komentar
Posting Komentar